Omzet Es Tebu Tak Lagi Manis, Pria Ini Beralih Profesi
Cari Berita

Advertisement

Omzet Es Tebu Tak Lagi Manis, Pria Ini Beralih Profesi

18 Feb 2016

Lapak Es Tebu Yanto/Doc: Ferdy
Indikatormalang.com--Hujan yang terus mengguyur wilayah Malang Raya selama beberapa pekan terakhir menjadi cobaan bagi sebagian pelaku usaha mikro. Salah satunya yang dialami Yanto, (35) pedagang es tebu asal Dusun Wunutsari Tegalgondo Karangploso Kabupaten Malang.

Musim penghujan ini diakuinya sangat berpengaruh, hasil penjualan (omzet) perasan sari tebunya tak lagi semanis biasanya. padahal jika cuaca panas, omzet yang didapat dari hasil berjualan es tebunya terbilang laris manis, perharinya bisa mengantongi Rp. 100 ribu.

"Musim hujan ini menurun mas, cuma Rp 40 ribuan, tapi kalau cuaca cerah bisa lebih Rp 100 ribu per hari,” ungkap Yanto pada awak Indikatormalang.com. Kamis, (18/2/2016).

Sejak memutuskan untuk fokus di usaha es tebu, pria yang memiliki sapaan Simon ini mengaku sudah dua tahunan menekuni usaha es tebu.

"Usaha ini sudah seumur kredit sepeda motor saya, sekitar 2 tahunan, sekarang kredit motor saya sudah hampir lunas" Ujarnya.

Menurutnya, selain cuaca yang kurang bersahabat, ketersediaan bahan baku (tebu) juga semakin sulit, kalaupun ada harganya tambah mahal. Untuk mendapatkan bahan baku es tebu saat ini bukanlah hal yang mudah, kalau dulu ada yang "Nyetok" sekarang sudah tidak lagi. Tak pelak kondisi ini memaksa Yanto berkeliling dari rumah-kerumah untuk mendapatkan bahan baku.

"Tebu sekarang sulit mas, tidak seperti dulu dikirim, harganya juga tambah mahal, harus cari kerumah-rumah" Keluh Yanto sambil membungkus es tebunya.

Bagi Yanto, kondisi sesulit apapun tidak membuatnya patah arang, sepertinya dia sangat paham bagaimana menyiasati kondisi cuaca yang kurang bersahabat, disaat omzet penjualan es tebunya tak lagi manis, Yanto tak segan segan "membanting setir" ke profesi lamanya, jaga parkir dan memfungsikan kembali motor hasil kreditnya di Pangkalan Ojek Dusun Wunutsari Tegal Gondo Malang.

"Kalau sudah cuaca mendung saya tidak jualan, ya sembarang digarap mas, jaga parkir atau narik ojek" imbuh pria yang mengaku belum berkeluarga ini.

Pewarta : Ferdy H.R
Pegiat Indikatormalang.com